Resep Masakan Opor Ayam Putih Nikmat

Lagi-lagi kita ulas kembali tentang opor ayam kali ini dengan judul resep masakan opor ayam putih, selaku penikmat sajian kuliner nusantar tentunya opor ayam menjadi sajian yang seringkali disajikan pada hari-hari spesial seperti lebaran, atau hari raya lainnya.

Masakan nusantara yang satu memang bisa menggoyang lidah dengan rasa yang nikmat dan lezat membuatnya tidak kalah bersaing dengan masakan nusantara lainnya, khas dalam pembuatan olahan ayam ini adalah terletak pada santan.

Bunda yang tiap hari harus memasak untuk keluarga memang seringkali kebingungan untuk menyajikan hidangan apa untuk setiap harinya tentu kamu juga gak mau donk kalau masakan setiap hari cuman itu-itu aja.  Kalau makan ayam setiap hari cuman di goreng aja kan gak asik juga lama-lama bisa membuat bosan nah, kalau membaca beberapa resep yang ada di blog ini tentu anda akan mendapatkan cukup referensi terutama untuk olahan opor ayam.

Resep Masakan Opor Ayam Putih Nikmat

Resep Cara Membuat Opor Ayam Putih

Pada kesempatan kali ini kita akan menyajikan langkah dan tips dalam pembuatan opor ayam yang tentunya tidak kalah nikmat dengan beberapa resep sebelumnya.  Ya udah berikut ini langkah dan bumbunya :
  • Langkah yang pertama adalah persiapkan terlebih dahulu ayam yang segar kemudian potonglah sesuai selera anda.  Saran saya sih kalau bisa gunakan ayam kampung karena rasa dari ayam ini lebih gurih ketimbang ayam potong.
  • Langkah selanjutnya adalah menyiapkan santan yang segar.  Jika anda tidak sempat membuat langsung santan dari kepala.  Anda bisa menggunakan kemasan santan cair atau bisa juga santan bubuk.  Kalau anda menggunakan santan kemasan cair ada baiknya tidak usah ditambahkan lagi air supaya lebih kental, jika menggunakan santan kemasan bubuk tambahkan sedikit air saja.
  • Setelah bahan utama sudah siap langkah berikutnya adalah menghaluskan bumbu yakni pala, bawang merah, kemiri, bawang putih, jinten dan ketumbar sampai bumbu tersebut terlihat halus dan berubah menjadi warna putih. 
  • Tumislah bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium aroma harum setelah itu tambahkan potongan daging ayam sambil terus diaduk-aduk sampai terlihat ayam sudah matang. 
  • Setelah itu tambahkan lagi santan kental secara perlahan-lahan. Aduklah sampai anda rasa santan dan bumbu meresap. 
  • Taburi dengan garam dan penyedap rasa secukupnya.
  • Masak sampai kuah opor ayam mengental, supaya tambah nikmat dan lezat jangan lupa untuk menambahkan daun salam, daun jeruk dan juga batang serai ketika perebusan.
  • Selesai dah hidangan lezat untuk dihidangkan dan disantap bersama keluarga.
Itulah resep masakan opor ayam putih yang nikmat dan lezat yang dapat kami ulas pada kesempatan ini.   Jangan lupa untuk membaca beberapa resep opor ayam lainnya :

Ditulis Oleh: Rahimawati Imut pada Blog Resep Opor Ayam Hari: Jumat, Mei 15, 2015